Jual Lurik Solo,Daftar harga dan Toko Kain Lurik Solo Klaten Jogja | WA.0813 9183 5966

Jual Lurik Solo 

Jual lurik solo ialah grosir kain lurik solo yang berkualitas yang dijual di yebee batik untuk memiliki koleksi kain lurik solo segera hubungi 081391835966 atau dapat datang ke jalan sparman 14 solo. Kain lurik bermotif garis-garis tetapi dalam perkembangannya kain lurik sendiri mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan jaman, kain lurik tenun juga bermotif batik atau sering disebut lurik batik. lurik batik diproduksi tidak secara masal seperti kain lurik lainnya karena motifnya masih sangat terbatas, Kain lurik merupakan kain tenun yang memiliki motif garis-garis searah panjang kain. Kata lurik diambil dari bahasa jawa “lorek” yang berarti lajur atau garis dan dapat pula berarti corak. Kain lurik sendiri memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi terutama di wilayah Yogyakarta dan Jawa tengah Kain tradisional ini diperkirakan ada sejak jaman kerajaan Mataram yang dibuktikan dengan adanya prasasti yang mengenakan kain lurik.
Pada dasarnya lurik memiliki 3 motif dasar, yaitu:
1. motif lajuran dengan corak garis-garis panjang searah sehelai kain
2. motif pakan malang yang memiliki garis-garis searah lebar kain,
3. motif cacahan adalah lurik dengan corak kecil-kecil.

Kain Lurik

Kain lurik adalah kain yang diproduksi secara manual atau sering disebut kain tenun lurik. Karena pengerjaannya bukan dengan mesin tetapi dengan cara menenun secara manual. Kain lurik bermotif garis garis yang dari sejarahnya dipakai oleh abdi dalem sebagai baju yang sangat sederhana yang dipakai oleh sebagian pria pada saat itu. dalam perkembangannya kain lurik juga semakin banyak motif dan corak juga warnanya untuk menyesuaiakn trend kain yang ada. kain lurik ini dibuat dari benang yang kuat dan kita bisa membedakannya kain lurik tenun bukan mesin.
Baju batik lurik solo belum banyak diproduksi yebee batik banyak membuat baju wanita lurik dengan berbagai variasi untuk memenuhi kebutuhan akan busana yang selalu baru bagi koleksi baju etnik anda. berbagai model tidak kalah menarik dengan lurik yang ada di pasar saatini, disamping itu uniknya baju lurik batik adalah hanya diproduksi terbatas untuk setiap motifnya. untuk memiliki baju batik lurik anda dapat memesan melaui whatsapp messenger kami di 0813 9183 5966 .
Pada intinya kain lurik hanya bermotif garis-garis, tetapi variasinya snagat banyak. Diantaranya terdapat berbagai macam corak kain lurik, yaitu corak klenting kuning, sodo sakler, lasem, tuluh watu, lompong keli, kinanti, kembang telo, kembang mindi, melati secontong, ketan ireng, ketan salak, dom ndlesep, loro-pat, kembang bayam, jaran dawuk, kijing miring, kunang sekebon, dll. Dengan semakin berkembangnya jaman, banyak motif-motif lurik yang muncul diantaranya adalah yuyu sekandang, sulur ringin, lintang kumelap, polos abang, polos putih, dan masih banyak lagi. Motif yang paling mutahir adalah motif hujan gerimis, tenun ikat, dam mimi, dan galer.

Toko kain lurik solo

Toko kain lurik solo beralamat di jalan S.parman 14 Kota solo,kain lurik pedan klaten juga banyak peminatnya karena disana banyak perajin lurik, lurik yang dihasilkan sangat beragam motif warnannya , daftar harga kain lurik sangatlah beragam untuk kain lurik grosir kami menjual dengan harga Rp.75.000 per potong untuk pembelian secara grosir. 
Pada jaman dahulu kain lurik hanya berkembang dikaalangan masyarakat biasa, namun di era yang modern seperti ini kain lurik banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya kain lurik ini di buat menjadi kebaya bahkan menjadi pakaian yang digunakan dalam keseharian. Dengan berkembangnya fashion mode di Indonesia, potensi keindahan kain lurik ini dapat di tampilkan dengan gaya yang bervariatif tanpa menghilangkan unsur-unsur nilai kebudayaannya. Dengan memasukan kain lurik dengan bahanyang lebih modern kini banyak perancang yang menhasilkan sebuah karya dari kain lurik yang sangat mengesankan. Bahkan bisnis kain lurik kini menjadi sangat berkembang dikalangan pengusaha.
Pada awalnya, motif lurik masih sangat sederhana dan warnanya pun masih hitam dan putih atau kedua warna ini di kombinasikan. Dahulu kain lurik ini banyak digunakan masyarakat sebagai pakaian sehari-hari. Untuk wanita biasanya dibuat kebaya, sedangkan untuk pria biasanya hanya sebagai bahan baju pria seperti sorjan. Disisi lain kain lurik juga dibuat sebagai bahan selendang yang berfungsi untuk menggendong tenggok. Selain untuk itu, lurik juga digunakan dalam upacara yang berkaitan dengan kepercayaan misalanya seperti labuhan, mitoni, dll.
Perkembangan kain lurik kini semakin beragam dari sisi warna dan motif terus perkembang. Jika dulu kain lurik hanya digunakan untuk baju, kita banyak ditemui tas, dompet sepatu dari bahan kain lurik.

baca juga : grosir lurik klaten solo yogyakarta

Komentar :

Posting Komentar